Sabtu, Juli 20

Ini Kelebihan dan Kekurangan Beli Tiket Kereta Api Melalui Aplikasi KAI Access

PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) memberikan kemudahan bagi para calon penumpang untuk bepergian menggunakan kereta api, salah satunya adalah beli tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access.

Aplikasi KAI Access adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh PT KAI untuk memudahkan penumpang dalam mencari dan pesan tiket kereta api sesuai kebutuhan.

Dalam aplikasi KAI Access juga telah tersedia pilihan perjalanan kereta api, apakah menggunakan kereta api antar kota atau kereta api jarak jauh atau akan menggunakan perjalanan menggunakan kereta api lokal atau untuk perjalanan jarak pendek seperti kereta komuter line dan sejenisnya.

Di update aplikasi KAI Access yang terbaru, para penumpang kereta api bahkan sudah bisa memesan makanan dan minuman selama di perjalanan nanti.

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan aplikasi KAI Access untuk beli tiket kereta api, berikut ini Nanyak tuliskan cara beli dan pesan tiket kereta api menggunakan aplikasi KAI Access.

Langkah-langkah Pembelian Tiket Melalui Aplikasi KAI Access

  1. Unduh dan Instal Aplikasi KAI Access:
    • Aplikasi KAI Access tersedia di Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Cari “KAI Access”, lalu unduh dan instal aplikasinya.
  2. Buat Akun atau Login:
    • Setelah instalasi, buka aplikasi KAI Access. Jika Anda belum memiliki akun, daftarkan diri Anda dengan mengikuti petunjuk yang tersedia. Masukkan data pribadi yang diminta seperti nama, alamat email, nomor telepon, dan buat kata sandi.
    • Jika sudah memiliki akun, cukup login menggunakan email dan kata sandi yang telah terdaftar.
  3. Cari Jadwal Kereta:
    • Di halaman utama aplikasi, terdapat menu untuk mencari jadwal kereta. Masukkan stasiun keberangkatan dan tujuan, serta tanggal perjalanan yang diinginkan. Aplikasi akan menampilkan daftar kereta yang tersedia beserta jadwal dan harganya.
  4. Pilih Kereta dan Kelas:
    • Dari daftar yang ditampilkan, pilih kereta yang sesuai dengan jadwal dan anggaran Anda. Perhatikan juga kelas yang tersedia, seperti Ekonomi, Bisnis, atau Eksekutif. Setelah memilih, klik tombol “Pesan”.
  5. Isi Data Penumpang:
    • Masukkan data penumpang seperti nama, nomor identitas (KTP/SIM/Passport), dan tanggal lahir. Pastikan data yang dimasukkan sesuai dengan identitas yang akan digunakan saat keberangkatan.
  6. Pilih Kursi:
    • Anda akan diberikan opsi untuk memilih kursi. Beberapa kereta memungkinkan pemilihan kursi secara langsung melalui aplikasi, sehingga Anda bisa memilih kursi yang nyaman dan sesuai dengan preferensi Anda.
  7. Metode Pembayaran:
    • Pilih metode pembayaran yang diinginkan, seperti melalui transfer bank, kartu kredit, dompet digital (seperti GoPay, OVO, dan LinkAja), atau minimarket tertentu. Ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan pembayaran.
  8. Konfirmasi dan Tiket Elektronik:
    • Setelah pembayaran berhasil, Anda akan menerima konfirmasi melalui email dan notifikasi di aplikasi. Tiket elektronik (e-ticket) akan tersedia di aplikasi dan juga dapat diunduh sebagai file PDF.

Dengan segala kenyamanan dan kemudahan tersebut, lalu apakah kelebihan dan kekurangan beli tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access?

Kelebihan Pembelian Tiket Melalui Aplikasi KAI Access

  1. Kemudahan dan Kenyamanan:
    • Membeli tiket melalui aplikasi KAI Access bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa harus pergi ke stasiun. Ini sangat praktis terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan kesibukan yang padat.
  2. Pilihan Metode Pembayaran:
    • Aplikasi KAI Access menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran yang memudahkan pengguna untuk membayar tiket sesuai dengan preferensi mereka.
  3. Ketersediaan Informasi Lengkap:
    • Aplikasi ini memberikan informasi lengkap tentang jadwal kereta, harga tiket, dan ketersediaan tempat duduk secara real-time. Pengguna dapat membandingkan beberapa pilihan kereta sebelum memutuskan untuk membeli.
  4. Promosi dan Diskon:
    • PT KAI seringkali menawarkan promosi dan diskon khusus bagi pengguna aplikasi KAI Access, sehingga pengguna bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah.
  5. Keamanan dan Kepastian:
    • Tiket yang dibeli melalui aplikasi dijamin keasliannya dan sudah terintegrasi dengan sistem PT KAI, sehingga mengurangi risiko penipuan.

Kekurangan Pembelian Tiket Melalui Aplikasi KAI Access

  1. Ketergantungan pada Teknologi:
    • Proses pembelian tiket melalui aplikasi bergantung pada koneksi internet dan perangkat yang mendukung. Jika terjadi masalah teknis seperti gangguan internet atau kerusakan pada perangkat, pembelian tiket bisa terhambat.
  2. Keterbatasan Penggunaan untuk Beberapa Orang:
    • Tidak semua orang, terutama yang kurang familiar dengan teknologi atau pengguna lanjut usia, merasa nyaman menggunakan aplikasi untuk pembelian tiket. Mereka mungkin merasa lebih aman dan nyaman membeli tiket secara langsung di loket.
  3. Kesalahan Data:
    • Kesalahan dalam memasukkan data penumpang dapat menyebabkan masalah saat proses check-in di stasiun. Oleh karena itu, pengguna harus sangat berhati-hati saat memasukkan data pribadi mereka.
  4. Waktu Konfirmasi Pembayaran Terbatas
    • Saat melakukan pembelian tiket online, pihak penyedia aplikasi KAI Access memberikan batas waktu konfirmasi pembayaran yang cukup singkat. Jadi sebelum memesan, pastikan Anda telah mengisi saldo e-payment yang akan digunakan supaya kursi yang telah Anda pilih tidak jatuh ke tangan orang lain.