Jumat, Juli 19

Apa Itu Winamp Yang Sedang Viral Jadi Template Instagram Story?

Tiba-tiba saja Winamp menjadi viral karena muncul jadi Instagram story dan banyak juga yang pakai template Winamp ini, tetapi apa sih sebenarnya Winamp itu?

Bagi Anda yang kelahiran tahun 80an – 90an tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Winamp.

Mendengar nama Winamp saja sudah pasti akan melambungkan ingatan Anda pada waktu lalu saat memilii list lagu berformat .mp3 dan mendengarkannya di komputer atau laptop kesayangan.

Winamp adalah…

Dari sekilas keterangan yang tertulis di atas, sudah ada sedikit bayangan mengenai apa sebenarnya winamp ini.

Ya, winamp adalah sebuah software music player atau perangkat lunak pemutar musik digital dimana musik yang diputar di software ini memiliki ekstensi file .mp3 yang dikembangkan oleh Nullsoft.

Nullsoft merupakan sebuah perusahaan yang didirikan oleh Justin Frankel dan Dmitry Boldyrev. Winamp dikenal karena kemampuannya untuk memutar berbagai format audio dan video, serta antarmuka yang dapat disesuaikan dengan skin dan plugin.

Versi pertama Winamp, yakni Winamp 0.20a diluncurkan pada bulan April 1997 dan langsung mendapatkan tempat dihati para pengguna komputer karena menawarkan kesederhanaan, efisiensi, kemudahan dan yang terpenting ringan dalam memutar file musik dengan format MP3.

Pada tahun 1998, versi terbaru Winamp dirilis. Winamp 1.0 menawarkan desain antarmuka yang lebih menarik dari versi sebelumnya.

Versi Winamp 1.0 ini mendapatkan perhatian lebih banyak lagi dibanding versi sebelumnya seiring pengguna komputer yang terus meningkat. Di versi terbaru ini, Winamp memiliki fitur skin yang bisa diubah-ubah sesuai selera penggunanya, apakah ingin menggunakan penampilan klasik, modern, atau bahkan futuristik.

Pengguna Winamp yang terus berkembang membuat AOL tertarik dan kemudian membeli Nullsoft di tahun 1999 dengan nilai 80 juta dollar AS.

Versi terakhir Winamp 2.7 dan 2.8 dirilis pada tahun 2000-2002 yang semakin memantapkan posisinya sebagai pemutar media favorit, sebelum kemudian era winamp ini berangsur surut seiring semakin majunya teknologi di internet dan munculnya Youtube sebagai penyedia pemutar musik dan film secara online.

Versi Terakhir Winamp

Setelah lebih dari 10 tahun Winamp menjadi raja pemutar media digital, di tahun 2013 AOL mengumumkan menghentikan pengembangan Winamp.

Namun, pada akhir tahun yang sama, Radionomy, sebuah perusahaan yang berbasis di Belgia, mengakuisisi Winamp dengan tujuan untuk menghidupkannya kembali.

Di tahun 2018 versi beta dari Winamp 5.8 bocor ke publik dan kemudian dirilis secara resmi oleh Radionomy. Versi Winamp 5.8 ini kompatibel dengan sistem operasi modern dan memperbaiki banyak bug.

Masih adakah dari Anda yang masih menggunakan Winamp?