Kamis, Juli 18

Arti Safe Flight Dan Cara Penggunaannya Dalam Percakapan

Sering mendengar kata safe flight saat ada yang berpamitan akan pergi liburan ataupun pergi perjalanan bisnis?

Nah, kira-kira apa ya arti safe flight yang sering digunakan oleh orang-orang saat ada yang berpamitan akan bepergian dengan naik pesawat?

Istilah “safe flight” bukan hanya sekadar frasa yang diucapkan sebelum penerbangan, tetapi mewakili komitmen dan praktik yang kompleks untuk memastikan perjalanan udara yang aman bagi setiap penumpang dan kru pesawat. Dalam

Safe Flight Adalah

Kata safe flight memang tidak bisa diartikan secara terpisah berdasarkan kata per katanya karena safe flight artinya seperti sebuah ungkapan yang artinya sama dengan hati-hati di jalan, namun lebih ditujukan untuk orang yang hendak bepergian dengan pesawat.

Google translate sendiri mengartikan safe flight dengan cukup singkat dan lugas, yakni semoga selamat dalam penerbanganmu.

Dalam keseharian, pengucapan safe flight kepada orang yang hendak bepergian dengan pesawat juga bisa menjadi semacam doa atau pengharapan agar perjalanan menggunakan pesawat selamat sampai tujuan.

Selain safe flight, ada beberapa ungkapan yang artinya mirip dan diucapkan di saat yang sama juga:

  • Have a safe flight (semoga selamat dalam penerbanganmu)
  • Well have a safe flight (Semoga penerbanganmu aman)
  • Hope you have a save flight to Singapore (Semoga perjalananmu ke Jepang aman)

Meskipun memiliki makna yang cukup dalam yang berupa doa agar selamat sampai di tujuan dengan menggunakan pesawat, namun jika dipikir dan dirasakan, kata safe flight ini juga terdengar sedikit mengerikan.

Maksud dari mengerikan disini adalah seakan-akan terbang menggunakan moda transportasi udara itu adalah suatu hal yang seram dan menakutkan, sehingga penerbangan kita didoakan dengan penuh harapan agar selamat sampai tujuan.

Namun nyatanya, moda transportasi udara adalah alat transportasi yang paling aman dan efisien di dunia karena standar keamanannya yang tinggi serta didukung oleh teknologi tinggi.

Arti Sebenarnya dari “Safe Flight”

“Safe flight” tidak hanya berarti bahwa pesawat berhasil mencapai tujuan tanpa terjadi kecelakaan.

Artinya jauh lebih luas dari itu. Ini mencakup semua langkah dan prosedur yang diambil sejak pesawat bersiap-siap untuk lepas landas hingga mendarat kembali dengan selamat.

Keselamatan penerbangan melibatkan segala hal mulai dari perawatan pesawat secara rutin dan grondil, hingga pelatihan pilot dan kru penerbangan.

Setiap pesawat harus melalui serangkaian pemeriksaan ketat sebelum diizinkan untuk terbang, dan setiap masalah atau kerusakan yang ditemukan harus segera diperbaiki sebelum pesawat diizinkan untuk beroperasi.

Selain itu, keselamatan juga tergantung pada kepatuhan terhadap peraturan dan prosedur standar yang telah ditetapkan oleh otoritas penerbangan.

Ini termasuk prosedur darurat, peraturan lalu lintas udara, dan aturan komunikasi antara pesawat dan pengatur lalu lintas udara.

Nah, sudah tahu kan apa arti Safe Flight dan bagaimana menggunakannya dalam percakapan sehari-hari.