Sabtu, Juli 20

Begini Cara Cek Penerima Bansos Pakai KTP Secara Online, Transparan dan Muda

Masyarakat Indonesia sekarang sudah bisa melakukan pengecekan secara mandiri penerima bansos pakai KTP Secara online.

Cara cek penerima bansos dari Kementerian Sosial ini sangat mudah, bisa dilakukan oleh siapa saja dengan hanya bermodal hp dan juga paket data internet.

Namun sebelum Anda melakukan pengecekan apakah Anda termasuk penerima Bansos atau tidak, pastikan dulu atau ingat-ingat dulu, apakah Anda pernah mendaftar di dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

DTKS adalah data induk yang berisi informasi tentang penerima bantuan dan pemberdayaan sosial, serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial seperti bantuan keluarga penerima manfaat (KPM). Bansos tersebut adalah program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan nontunai (BPNT), dan BLT mitigasi risiko pangan.

Setelah warga terdaftar dalam DTKS, mereka bisa mengecek pada situs resmi Kemensos apakah mendapat bantuan pemerintah atau tidak.

Untuk memeriksa penerima bansos dari Kemensos menggunakan KTP, Anda dapat mengunjungi situs resmi cekbansos.kemensos.go.id, dan kemudian ikuti cara cek penerima bansos pakai KTP secara online berikut ini:

  1. Buka laman resmi cek bansos Kemensos yang ada di alamat ini cekbansos.kemensos.go.id,
  2. Pilih provinsi tempat tinggal sesuai KTP
  3. Pilih kabupaten atau kota tempat tinggal sesuai KTP
  4. Pilih desa atau kelurahan tempat tinggal sesuai KTP
  5. Masukkan nama penerima manfaat
  6. Ketik empat kode pengaman yang tertera pada kotak.
  7. Klik tombol “Cari Data”
  8. Jika Anda terdaftar, atau orang yang anda cari terdaftar, informasi penerima manfaat akan muncul sesuai dengan data yang telah dimasukkan.

Dengan program bantuan sosial ini, pemerintah berharap dapat membantu masyarakat yang terdampak oleh krisis ekonomi global dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Program bansos ini juga menyasar masyarakat yang terdampak oleh bencana alam untuk kembali berdiri dan melanjutkan hidupnya.

Tinggalkan Balasan