Jumat, Juli 19

Daftar 10 Aplikasi Chat Yang Pernah Ada Dan Eksis Hingga Saat Ini

Whatsapp adalah aplikasi chat yang saat ini banyak dipakai pengguna di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, aplikasi chat Whatsapp ini mungkin adalah salah satu aplikasi wajib yang harus ada di hp sejak pertama kali beli.

Namun tahukah Anda, jika sebenarnya ada beberapa aplikasi chat yang pernah ada dan masih eksis hingga sekarang dan masih digunakan oleh penduduk di berbagai belahan dunia.

Berikut ini daftar 10 aplikasi chat yang pernah ada dan masih eksis hingga saat ini:

1. Whatsapp

Whatsapp adalah aplikasi chat paling populer saat ini. Aplikasi milik Meta ini memungkinkan pengguna untuk berkirim pesan dalam berbagai cara seperti melalui pesan teks, pesan suara, pesan gambar, pesan video dan juga melakukan panggilan suara maupun panggilan video.

Saat ini Whatsapp juga telah dilengkapi dengan fitur stiker yang memungkinkan penggunanya mengirimkan pesan stiker lucu ke pengguna whatsapp yang lain.

Whatsapp juga memiliki fitur group dan komunitas yang bisa digunakan dengan gratis. Selain itu Whatsapp juga menyediakan aplikasi Whatsapp Bisnis yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Unduh Whatsapp di Play Store

2.Facebook Messenger

Facebook Messenger adalah aplikasi berkirim pesan yang sebelumnya hanya ada di dalam aplikasi Facebook saja.
Namun seiring berjalannya waktu, Facebook membuat fitur Facebook Messenger berdiri terpisah dan memiliki aplikasi sendiri yang bisa dinstall oleh pengguna.

Aplikasi Facebook Messenger ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, melakukan panggilan suara dan video, serta berbagi file media dengan teman-teman di Facebook.

Unduh Facebook Messenger di Play Store

3. WeChat

WeChat adalah aplikasi berkirim yang sangat populer di China.
Aplikasi WeChat tidak hanya berguna untuk berkirim pesan dalam berbagai media saja, namun juga memiliki berbagai macam fitur yang lebih kompleks seperti fitur pembayaran, jejaring sosial dan masih banyak lagi.

Alih-alih menggunakan Whatsapp, masyarakat China lebih memilih menggunakan WeChat.

Unduh aplikasi WeChat

4. LINE

LINE adalah aplikasi chat yang sangat populer di Asia, terutama di negara Jepang, Taiwan, Korea dan Thailand.

Aplikasi LINE dulu sempat booming di Indonesia, karena adanya fitur berkirim stiker yang lucu-lucu dan kemudian disusul dengan fitur membaca berita di LINE.

Namun saat ini pengguna LINE di Indonesia sudah berkurang sangat jauh. Fitur membaca berita di LINE pun sekarang sudah ditutup.

Unduh aplikasi LINE

5. Telegram

Telegram adalah aplikasi chat yang cukup populer yang pernah ada di Indonesia.
Aplikasi chat Telegram juga bisa dikatakan sebagai aplikasi cadangan yang harus ada setelah Whatsapp. Hal ini dikarenakan ketika Whatsapp down dan tidak bisa diakses, aplikasi chat Telegram diharapkan bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Telegram juga menyediakan fitur saluran publik, obrolan grup, dan panggilan suara/video.

Unduh aplikasi Telegram

6. Snapchat

Snapchat adalah aplikasi chat yang fokus pada berbagi foto dan video singkat.
Pesan yang dikirim melalui Snapchat umumnya memiliki batas waktu tayang dan akan menghilang setelah dilihat.

Unduh aplikasi Snapchat

7. Viber

Viber adalah aplikasi chat yang mirip dengan WhatsApp. Ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, panggilan suara dan video, serta berbagi file media.

Unduh aplikasi Viber

8. Skype

Skype adalah aplikasi chat dan panggilan suara/video yang sudah ada sejak lama.

Skype telah menjadi salah satu cara populer untuk berkomunikasi secara online, terutama untuk panggilan suara/video jarak jauh, terutama digunakan untuk keperluan meeting online.

Aplikasi Skype saat ini telah mendapat tantangan sangat serius dari aplikasi sejenis seperti Zoom Meet dan juga Google Meet.

Unduh aplikasi Skype

9. Kik

Kik adalah aplikasi chat yang terkenal untuk remaja dan penggunaan anonim. Ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan teman-teman melalui pesan teks dan berbagi konten media.

10. Discord

Discord adalah aplikasi chat yang awalnya dikembangkan untuk komunitas gamer. Namun, sekarang telah digunakan oleh berbagai kelompok untuk berkomunikasi melalui obrolan teks, suara, dan video.

Itulah daftar 10 aplikasi chat yang pernah ada dan masih bisa ditemukan hingga saat ini.

Aplikasi-aplikasi chat tersebut sebenarnya memiliki fitur yang hampir sama antara satu sama lainnya, maka tak heran jika pengguna pada akhirnya akan memilih salah satu, tergantung dari negara atau daerah pengguna terbanyak aplikasi chat tersebut.