Selasa, Juli 23

Mengenal Dr Victor Chang, Dokter Ahli Jantung Yang Jadi Google Doodle

Pada hari Selasa (21/11/2023) kemarin, Google memunculkan sosok Dr Victor Chang sebagai Google Doodle.

Dr Victor Chang muncul dalam Google Doodle dengan model sebagai seorang pria berpakaian bedah dengan kacamata dan masker yang disertai dengan animasi denyut nadi di latar belakang.

Google memunculkan Dr Victor Chang sebagai Gooogle Doodle karena pada tanggal 21 November bertepatan dengan tanggal ulang tahun Dr Victor Chang. Di tanggal 21 November 2023 ini, Dr Victor Chang merayakan ulang tahunnya yang ke-87.

Banyak yang kemudian penasaran dengan sosok profil Dr Victor Chang ini.

Profil Dr Victor Chang

Siapakah Dr Victor Chang?

Dr Victor Chang adalah ahli jantung asal Australia yang terkenal sebagai pelopor transplantasi jantung buatan, lahir di Shanghai pada 21 November 1936.

Dr Victor Chang sudah bercita-cita menjadi dokter ahli sejak usianya masih anak-anak, hal ini dipicu karena melihat kondisi ibunya yang sakit kanker payudara ketika beliau masih kecil.

Dr. Victor Chang belajar ilmu kedokteran dan bedah di Universitas Sydney. Setelah lulus pada tahun 1957, ia bekerja sebagai dokter umum di Rumah Sakit Royal Prince Alfred di Sydney. 

Tak hanya berhenti disitu, Dr Victor Chang yang sudah memiliki cita-cita menjadi dokter spesialis kemudian belajar bedah toraks dan kardiovaskular di Inggris dan Amerika Serikat.

Di tahu 1972, Dr Victor Chang kembali ke Australia dan kemudian bergabung dengan Unit Bedah Jantung di Rumah Sakit St. Vincent di Sydney.

Di rumah sakit itulah, Dr Victor Chang melakukan berbagai jenis penelitian dan inovasi yang berkaitan dengan transplantasi jantung.

Di tahun 1984, Dr Victor Chang melakukan transplantasi jantung pertama di Australia.

Dr Victor Chang bersama rekannya kemudian membuat jantung buatan yang dikenal sebagai National Heart Assist Device (NHAD) yang merupakan alat berbentuk cangkang kerang yang ditanamkan di dada pasien yang berguna untuk memompa darah ke seluruh tubuh, Alat ini dapat menggantikan fungsi jantung yang telah lemah atau gagal.

Pengembangan katup jantung ini adalah salah satu prestasi Dr Victor Chang yang sangat luar biasa.

Tak hanya karena kualitasnya yang sangat baik, tetapi biayanya murah dan dapat menyelamatkan jutaan nyawa di seluruh dunia.

Dr Victor Chang menjadi sosok pembawa harapan bagi mereka yang membutuhkan bedah jantung setelah pada tahun 1984, Dr Victor Chang berhasil melakukan operasi transplantasi jantung pada pasien termuda Austria berusia 14 tahun yang bernama Fiona Coote.

Prestasi Dr Victor Chang

Dr Victor Chang telah mengabdikan hidupnya untuk dunia medis,

Penghargaan Companion of the Order of Australia yang dia terima tahun 1986 dan gelar Australian of the Century yang dia terima tahun 1999 dari People’s Choice Awards, telah menunjukkan pengabdiannya yang luar biasa.

Di tahun 1984, Victor Chang Foundation menawarkan beasiswa dan membantu para ahli bedah di Asia Tenggara untuk memperoleh ketrampilan bedah jantung yang lebih maju termasuk transplantasi jantung.

Tanggal 4 Juli 1991, dikabarkan meninggal dunia.
Dr Victor Chang dikabarkan telah dibunuh dalam upaya pemerasan di Mosman, Australia.