Selasa, Juli 23

Rumus Cara Menghitung Persen Pertumbuhan

Bagaimanakah cara menghitung persen pertumbuhan sehingga tahu laba, pertumbuhan bisnis dan mengetahui pertumbuhan lainnya?

Persentase pertumbuhan adalah suatu metode yang digunakan untuk mengukur seberapa besar perubahan yang terjadi dalam suatu nilai atau jumlah selama periode waktu tertentu.

Sebelum mengetahui rumus cara menghitung persen pertumbuhan dalam waktu tertentu, ada satu hal yang tak boleh Anda lupakan sebelumnya, yakni pencatatan data.

Pencatatan data ini lebih baik bila dilakukan harian, tetapi bisa juga dilakukan sesuai dengan periode yang Anda butuhkan.

Pencatatan data ini akan menjadi sangat penting dalam menghitung persen pertumbuhan karena dari data Anda bisa menentukan cut off atau waktu kapan mulai menghitung periode persen pertumbuhannya.

Cara Menghitung Persentase Pertumbuhan

Apabila Anda ingin melihat seperti apa kinerja bisnis dan pertumbuhannya setelah beberapa periode berjalan, maka Anda perlu melakukan perhitungan persentase pertumbuhan.

Berikut ini cara menghitung persen pertumbuhan:

  1. Tentukan Nilai Awal
    Untuk menghitung persentase pertumbuhan dalam periode tertentu, Anda harus menentukan terlebih dahulu nilai awalnya.
    Nilai awal ini bisa penjumlahan dari periode tertentu atau bisa juga sebuah angka global yang sudah disiapkan
  2. Tentukan Nilai Akhir
    Sama seperti menentukan nilai awal, untuk menghitung persentase pertumbuhan juga dibutuhkan penentuan nilai akhir.
    Nilai akhir ini bisa ditentukan dari penjumlahan periode tertentu atau bisa juga dari nilai global yang sudah ditentukan.
  3. Hitung Dengan Rumus Persentase Pertumbuhan
    Setelah nilai awal dan nilai akhir ditentukan, langkah berikutnya adalah menghitung persentase pertumbuhan dengan rumus baku yang sudah ditetapkan.

    Rumus menghitung persentase pertumbuhan adalah:
    ((Nilai Akhir – Nilai Awal) / Nilai Awal) x 100

    Jika hasil dari rumus persentase pertumbuhan minus, maka growth atau pertumbuhannya adalah minus atau bisa dikatakan tidak tumbuh ke atas, melainkan tumbuh ke bawah (rugi).
    Namun jika hasil dari penghitungan rumus persentase pertumbuhan tersebut positif, maka bisa dikatakan bahwa bisnis atau usaha Anda tumbuh ke atas (profit).

Tinggalkan Balasan