Sabtu, Juli 13

Tanggal 22 Mei Hari Apa? Ternyata Ada Hari Bitcoin Pizza Lho

Tanggal 22 Mei hari apa ?

Ya, kalau kita lihat di tanggalan, tanggal 22 Mei 2024 jatuh di hari Rabu dan ternyata ada 3 kejadian besar yang diperingati di tanggal 22 Mei. Apa saja?

Yang pertama adalah Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia, Hari Preeklampsia Sedunia, dan Bitcoin Pizza Day.

Dari Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia yang menekankan pentingnya menjaga keanekaragaman hayati, Hari Preeklampsia Sedunia yang meningkatkan kesadaran akan kondisi kesehatan ibu hamil, hingga Bitcoin Pizza Day yang dirayakan oleh komunitas kripto, setiap peringatan memiliki makna dan tujuan yang signifikan dalam konteks masing-masing.

Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia

Setiap tanggal 22 Mei diperingati sebagai Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia. Hari ini ditetapkan oleh PBB pada tahun 2000 dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran manusia akan pentingnya keanekaragaman hayati. Keanekaragaman hayati memiliki peran penting dalam keberlangsungan kehidupan di bumi, baik bagi manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Hari Keanekaragaman Hayati atau International Day for Biological Diversity (IDB) pertama kali diluncurkan setelah berlakunya Konvensi Keanekaragaman Hayati. Setiap tahunnya, tema perayaan hari ini berbeda-beda. Menurut situs resmi International Day for Biodiversity, tema pada tahun 2024 adalah “Jadilah Bagian dari Rencana”. Tema ini merupakan seruan tindakan bagi seluruh pemangku kepentingan untuk menghentikan dan membalikkan hilangnya keanekaragaman hayati dengan mendukung penerapan Kerangka Keanekaragaman Hayati Global Kunming-Montreal.

Rencana Keanekaragaman Hayati ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah, masyarakat adat dan komunitas lokal, organisasi non-pemerintah, anggota parlemen, dunia usaha, hingga individu. Pada tahun ini, perayaan IDB akan bertepatan dengan dua pertemuan Subsidiary Bodies of the Convention on Biological Diversity yang akan berlangsung di Nairobi. Di dalam negeri, kegiatan biasanya diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan organisasi terkait.

Hari Preeklampsia Sedunia

Hari Preeklampsia Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Mei. Preeklampsia adalah kondisi berbahaya yang dapat terjadi pada ibu hamil, ditandai oleh tekanan darah tinggi. Preeklampsia biasanya dimulai setelah usia kehamilan 20 minggu pada wanita yang sebelumnya memiliki tekanan darah normal.

Jika tidak ditangani dengan baik, preeklampsia bisa mengancam nyawa ibu hamil dan bayinya. Meski sering kali tidak menimbulkan gejala, preeklampsia dapat dikenali melalui pemeriksaan rutin tekanan darah. Hari Preeklampsia Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kondisi kehamilan yang berpotensi fatal ini dan pentingnya pemeriksaan rutin sebelum melahirkan.

Bitcoin Pizza Day

Dalam dunia kripto, tanggal 22 Mei dikenal sebagai Bitcoin Pizza Day. Hari ini memperingati transaksi unik yang terjadi pada tahun 2010, ketika seorang penggemar Bitcoin bernama Laszlo Hanyecz melakukan transaksi pertama menggunakan Bitcoin. Pada tanggal 18 Mei 2010, Hanyecz mengumumkan di forum Bitcointalk.org bahwa ia ingin membeli dua pizza besar dengan Bitcoin. Ia menawarkan 10.000 BTC kepada siapa saja yang bersedia memesan, mengumpulkan, dan mengantarkannya kepadanya.

Pada tanggal 22 Mei 2010, seseorang menerima tawarannya, menjadikan transaksi ini sebagai transaksi fisik pertama menggunakan Bitcoin. Seiring waktu, nilai Bitcoin tersebut meroket, membuat transaksi ini menjadi momen bersejarah dalam dunia kripto. Setiap tahun, komunitas kripto global memperingati tanggal 22 Mei sebagai Bitcoin Pizza Day, merayakan transaksi fisik pertama dalam sejarah Bitcoin.