Selasa, Juli 23

Tanggal Merah Bulan Juni, Ada 1 Long Weekend Nih

Tanggal merah bulan Juni 2024 ini sebenarnya ada dua tanggal merah, tetapi yang bisa dipakai long weekend hanya satu tanggal merah saja di bulan Juni 2024.

Tanggal merah ini biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beristirahat, berkumpul dengan keluarga, atau menjalankan aktivitas keagamaan dan kebudayaan.

Tanggal merah bulan Juni 2024 ini memang tidak sebanyak tanggal merah bulan Mei 2024 dan tidak semenarik bulan Mei 2024.

Di bulan Mei 2024, ada tiga tanggal merah dan dua tanggal merah diantaranya terletak di hari Kamis ditambah lagi masih adanya cuti bersama, sehingga membuat tanggal merah bulan Juni punya dua long weekend yang bisa dimanfaatkan untuk liburan.

Berbeda di bulan Juni, tanggal merahnya hanya ada dua, satu ada di hari Sabtu dan satunya lagi di hari Senin.

1 Juni

Tanggal merah bulan Juni yang pertama ditanggal 1 Juni, tanggal ini diperingati sebagai hari lahir Pancasila.

Pada tanggal 1 Juni 1945, dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Ir. Soekarno, yang kemudian menjadi Presiden pertama Indonesia, menyampaikan pidato yang menguraikan gagasannya tentang dasar negara Indonesia merdeka. Dalam pidato tersebut, Soekarno memperkenalkan konsep Pancasila, yang terdiri dari lima prinsip dasar:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Kelima prinsip ini kemudian disepakati sebagai dasar negara dan menjadi ideologi yang mengarahkan perjalanan bangsa Indonesia. Pancasila tidak hanya menjadi fondasi hukum dan politik, tetapi juga menjadi panduan moral dan etika dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Meskipun tanggal 1 Juni ini termasuk tanggal merah, tetapi karena jatuh di hari Sabtu, maka tidak berimbas banyak terhadap jadwal liburan.

17 Juni

Tanggal merah bulan Juni yang kedua jatuh ditanggal 17 Juni, tanggal 17 Juni ini jatuh di hari Senin.

Tanggal 17 Juni 2024 ini menjadi tanggal merah karena merupakan hari besar keagamaan Islam, yakni Hari Raya Idul Adha atau dikenal juga dengan Hari Raya Kurban.

Idul Adha, juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, adalah salah satu hari besar dalam Islam yang dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Perayaan ini jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah dalam kalender Hijriyah, dan berlangsung selama empat hari. Idul

Idul Adha memperingati kisah Nabi Ibrahim yang menunjukkan ketaatan dan kesetiaannya kepada Allah SWT. Dalam kisah tersebut, Nabi Ibrahim menerima perintah dari Allah untuk mengorbankan putranya, Ismail. Namun, ketika Ibrahim hendak melaksanakan perintah tersebut, Allah menggantikan Ismail dengan seekor domba sebagai wujud kasih sayang dan rahmat-Nya. Kisah ini mengajarkan pentingnya keikhlasan, pengorbanan, dan kepatuhan kepada Allah.

Jadi, tanggal 17 Juni yang bertepatan dengan hari Raya Idul Adha ini mungkin tidak digunakan untuk liburan ke tempat-tempat wisata, tetapi bisa digunakan untuk mudik ke rumah orang tua dan merayakan ibadah sholat Ied Idul Adha bersama kedua orang tua.

Nah, itulah tanggal merah bulan Juni 2024, kalau kalian mau merencankan liburan bulan Juni ini kemana?