3 Cara Mudah Cek Saldo E-Toll Menggunakan Aplikasi Livin’ by Mandiri

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

Jika Anda saat ini sedang liburan dan berencana melakukan perjalanan melalui tol, jangan lupa untuk cek saldo E-Toll Anda agar tidak terjebak lama di pintu keluar tol nanti.

Dengan berkembangnya teknologi seperti saat ini, transaksi keuangan, termasuk cek saldo e-toll bisa dilakukan dengan sangat mudah dan kapanpun, terlebih lagi jika penyedia kartu e-toll adalah bank yang ada di Indonesia dan telah memiliki aplikasi yang cukup lengkap, salah satunya adalah Bank Mandiri.

Bank Mandiri adalah salah satu bank terbesar di Indonesia yang memiliki cukup banyak inovasi. Salah satu inovasi dari Bank Mandiri adalah aplikasi Livin’ by Mandiri, yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi finansial dengan mudah, termasuk pengecekan saldo e-toll.

Dalam artikel ini akan membahas secara mendalam cara cek saldo e-toll menggunakan aplikasi Livin’ by Mandiri, mulai dari pengenalan aplikasi, langkah-langkah penggunaan, hingga tips untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi ini.

1. Pengenalan Aplikasi Livin’ by Mandiri

Apa Itu Aplikasi Livin’ by Mandiri?

Aplikasi Livin’ by Mandiri adalah aplikasi mobile banking yang diluncurkan oleh Bank Mandiri untuk memudahkan nasabahnya dalam mengelola berbagai kebutuhan finansial.

Aplikasi ini menggantikan aplikasi Mandiri Online sebelumnya dan hadir dengan fitur-fitur yang lebih canggih serta user-friendly.

Dengan aplikasi ini, nasabah dapat melakukan transfer, pembayaran, pembelian, dan tentunya, pengecekan saldo e-toll.

Sebelum melanjutkan untuk membaca artikelnya, pastikan jika saat ini Anda sudah menggunakan update terbaru dari aplikasi Livin’ by Mandiri yang berwarna kuning.

Keunggulan Aplikasi Livin’ by Mandiri

  1. User Interface yang Intuitif: Aplikasi ini didesain dengan tampilan yang sederhana dan mudah digunakan, bahkan bagi pengguna baru.
  2. Fitur Lengkap: Selain cek saldo e-toll, pengguna bisa melakukan berbagai transaksi perbankan lainnya.
  3. Keamanan Tinggi: Livin’ by Mandiri dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis untuk melindungi data dan transaksi nasabah.
  4. Aksesibilitas: Tersedia untuk pengguna Android dan iOS, sehingga dapat diakses oleh berbagai kalangan pengguna.

2. Persiapan Sebelum Menggunakan Livin’ by Mandiri

Mengunduh dan Menginstal Aplikasi

Aplikasi Livin’ by Mandiri dapat diunduh dari Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Play Store atau App Store: Cari aplikasi “Livin’ by Mandiri”.
  2. Unduh dan Instal: Klik tombol unduh dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

Registrasi dan Aktivasi

Setelah aplikasi terinstal, langkah berikutnya adalah melakukan registrasi dan aktivasi akun Livin’ by Mandiri:

  1. Buka Aplikasi: Jalankan aplikasi Livin’ by Mandiri.
  2. Pilih Registrasi: Klik opsi “Daftar” atau “Registrasi” pada layar utama.
  3. Masukkan Data Pribadi: Isi data pribadi seperti nomor rekening, nomor ponsel, dan alamat email.
  4. Verifikasi: Ikuti proses verifikasi yang dikirimkan melalui SMS atau email.
  5. Buat PIN dan Password: Tentukan PIN dan password untuk keamanan akun Anda.
  6. Login: Masuk menggunakan PIN dan password yang telah dibuat.

Mengaktifkan Fitur e-Money

Untuk bisa mengecek saldo e-toll, pastikan fitur e-money pada aplikasi Livin’ by Mandiri telah diaktifkan:

  1. Masuk ke Menu e-Money: Setelah login, pilih menu e-Money di beranda aplikasi.
  2. Tambah Kartu e-Money: Masukkan nomor kartu e-money Mandiri Anda.
  3. Verifikasi Kartu: Ikuti proses verifikasi yang diperlukan.

3. Langkah-langkah Mengecek Saldo e-Toll Menggunakan Livin’ by Mandiri

Setelah semua persiapan selesai, berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek saldo e-toll menggunakan aplikasi Livin’ by Mandiri:

Langkah 1: Buka Aplikasi Livin’ by Mandiri

Pastikan aplikasi Livin’ by Mandiri sudah terinstal dan Anda telah login menggunakan akun yang terdaftar.

Langkah 2: Pilih Menu e-Money

Di halaman utama aplikasi, cari dan pilih menu “e-Money”. Menu ini biasanya menampilkan ikon kartu e-money atau dapat diakses melalui tab khusus e-money.

Langkah 3: Tempelkan Kartu e-Money

Fitur ini memanfaatkan teknologi NFC (Near Field Communication) yang tersedia pada ponsel pintar. Tempelkan kartu e-money Mandiri Anda pada bagian belakang ponsel. Pastikan NFC pada ponsel Anda telah diaktifkan.

Jika hp Anda tidak memiliki fitur NFC, maka Anda tidak bisa melakukan pengecekan saldo e-toll atau e-money lainnya yang didukung oleh aplikasi milik Bank Mandiri ini.

Langkah 4: Lihat Saldo

Setelah kartu e-money terdeteksi, aplikasi akan menampilkan informasi saldo e-toll Anda di layar. Anda juga dapat melihat riwayat transaksi terakhir yang telah dilakukan dengan kartu tersebut.

4. Fitur Tambahan dalam Livin’ by Mandiri untuk Pengguna e-Toll

Riwayat Transaksi

Selain mengecek saldo, Livin’ by Mandiri juga memungkinkan Anda untuk melihat riwayat transaksi e-toll. Ini berguna untuk memonitor penggunaan dan memastikan tidak ada transaksi yang mencurigakan.

Isi Ulang Saldo

Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk mengisi ulang saldo e-toll langsung dari ponsel Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih Menu e-Money: Akses menu e-Money dari halaman utama.
  2. Pilih Top Up: Klik opsi “Top Up” atau “Isi Ulang”.
  3. Masukkan Nominal: Tentukan jumlah saldo yang ingin diisi ulang.
  4. Pilih Sumber Dana: Pilih rekening yang akan digunakan untuk melakukan top up.
  5. Konfirmasi dan Bayar: Konfirmasi transaksi dan ikuti instruksi pembayaran yang diberikan.

Notifikasi dan Reminder

Aplikasi Livin’ by Mandiri dapat mengirimkan notifikasi dan pengingat untuk berbagai transaksi, termasuk pemberitahuan saat saldo e-toll Anda sudah rendah. Aktifkan fitur ini agar Anda selalu siap dengan saldo yang cukup untuk perjalanan.

5. Tips Memaksimalkan Penggunaan Aplikasi Livin’ by Mandiri

Aktifkan Fitur Keamanan

Untuk menjaga keamanan akun dan transaksi, pastikan Anda mengaktifkan semua fitur keamanan yang tersedia, seperti PIN, password, dan autentikasi dua faktor (2FA).

Rutin Mengecek Saldo

Selalu rutin mengecek saldo e-toll sebelum melakukan perjalanan untuk menghindari masalah saat melewati gerbang tol.

Manfaatkan Fitur Lainnya

Livin’ by Mandiri menawarkan berbagai fitur yang bisa membantu mempermudah kehidupan finansial Anda. Manfaatkan fitur-fitur ini, seperti pembayaran tagihan, transfer antar bank, pembelian pulsa, dan lain-lain.

Update Aplikasi Secara Berkala

Pastikan aplikasi Livin’ by Mandiri selalu diperbarui ke versi terbaru untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru dan perbaikan keamanan.

6. FAQ Seputar Livin’ by Mandiri dan e-Toll

Apakah Bisa Cek Saldo e-Toll Tanpa Ponsel yang Mendukung NFC?

Tidak semua ponsel mendukung fitur NFC, jika ponsel Anda tidak memiliki teknologi NFC, maka Anda tidak bisa melakukan pengecekan saldo e-Toll dan e-Money melalui aplikasi.

Jadi pastikan ponsel Anda memiliki fitur NFC yang aktif untuk bisa menggunakan fitur cek saldo e-toll melalui Livin’ by Mandiri.

Bagaimana Jika Kartu e-Money Tidak Terdeteksi?

Jika kartu e-money tidak terdeteksi, pastikan NFC pada ponsel sudah diaktifkan dan coba tempelkan kartu pada posisi yang berbeda di belakang ponsel. Jika masalah berlanjut, hubungi customer service Bank Mandiri.

Apakah Ada Biaya untuk Mengecek Saldo e-Toll?

Pengecekan saldo e-toll melalui aplikasi Livin’ by Mandiri biasanya tidak dikenakan biaya. Namun, pastikan untuk memeriksa ketentuan terbaru dari Bank Mandiri.

Bisakah Mengecek Saldo Tanpa Koneksi Internet?

Pengecekan saldo melalui aplikasi Livin’ by Mandiri memerlukan koneksi internet. Jika Anda tidak memiliki akses internet, Anda bisa menggunakan metode lain seperti SMS Banking atau ATM Mandiri.

Menggunakan aplikasi Livin’ by Mandiri untuk mengecek saldo e-toll adalah cara yang efisien dan praktis.

Dengan dukungan aplikasi Livin’ by Mandiri ini, Anda bisa melakukan pengecekan saldo e-toll dan pengisian saldo e-toll dimanapun Anda berada, termasuk di jalan tol sekalipun.

TERKINI

TOPIK

Aplikasi Army Festival Day Arti Mimpi Arti Mimpi Ular BTS Cara Daftar Harga Film Free FIre Game Gempa Gempa Hari Ini Gempa Malang Idul Adha Instagram Internet Internet Wifi Kereta Api Kota Malang Kuliner Kumpulan Doa Lirik Lagu Live Streaming Manchester United MyRepublic Paket Internet PDAM Kota Malang Pendidikan Perumda Tugu Tirta Piala AFF Piala AFF 2020 Profil Ramadan Ramadhan Rekomendasi Saham Resep Surat Al-Quran Teknologi Timnas Indonesia Tol Toyota Universitas Brawijaya Vaksin COvid-19 Video Viral