Jumat, Juli 19

Armenia Susul Spanyol, Irlandia dan Norwegia Akui Negara Palestina

Armenia menjadi negara baru yang mengakui negara Palestina.

Armenia mengakui negara Palestina sebagai negara yang merdeka dan berdaulat pada hari Jumat 21 Juni 2024 lalu.

Langkah yang diambil oleh Armenia untuk mengakui negara Palestina sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat tersebut membuat Israel memanggil dan menegur duta besar Armenia di Tel Aviv Israel.

Armenia mengakui negara Palestina dengan menyatakan berkomitmen untuk membangun perdamaian dan stabilitas di Timur Tendah dan rekonsiliasi abadi antara masyarakat Yahudi dan Palestina.

“Di berbagai platform internasional, posisi kami secara konsisten mendukung penyelesaian masalah Palestina secara damai dan komprehensif, dan kami mendukung solusi ‘dua negara’ terhadap konflik Israel-Palestina. Kami yakin bahwa ini adalah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa warga Palestina dan Israel dapat memenuhi aspirasi mereka yang sah. ” kata juru bicara pemerintahan Armenia dalam pernyataannya mendukung negara Palestina.

“Republik Armenia dengan tegas menolak penargetan infrastruktur sipil, kekerasan terhadap penduduk sipil, dan penyanderaan warga sipil selama konflik bersenjata, dan sejalan dengan tuntutan komunitas internasional untuk pembebasan tanpa syarat bagi mereka,” kata negara bekas Uni Soviet tersebut.

“Berdasarkan hal tersebut di atas dan menegaskan kembali komitmen kami terhadap hukum internasional dan prinsip-prinsip kesetaraan, kedaulatan, dan hidup berdampingan secara damai, Republik Armenia mengakui Negara Palestina.” ungkap negara yang berbatasan dengan Turki dan Azerbaijan itu.

Dengan pengakuan tersebut, Armenia bergabung dengan Spanyol, Norwegia dan Irlandia yang telah lebih dulu mengakui negara Palestina pada bulan lalu.

Kini, negara Palestina telah diakui oleh sekitar tiga per empat dari 193 negara anggota PBB.

Pengakuan kedaulatan negara Palestina ini sangat penting bagi Palestina karena akan sangat berpengaruh terhadap pendudukan dalam konflik Israel-Palestina yang masih belum ada solusi hingga saat ini.

Dengan semakin banyaknya dukungan terhadap pengakuan negara Palestina, maka rakyat Palestina berkesempatan besar untuk bisa mendapatkan semua hak mereka dan menjaga stabilitas regional mereka.

Pengakuan Armenia terhadap adanya Negara Palestina ini mendapatkan pujian dari berbagai negara lain, seperti Kuwait dan Arab Saudi.