Selasa, Juli 23

Cara Transfer Uang Dengan QRIS BCA, Lebih Cepat dan Mudah Tanpa Perlu Ingat Nomor Rekening

Sudah tahu belum kalau sekarang ada cara transfer uang ke sesama rekening BCA melalui QRIS?

Kalau bagi Anda yang sudah memakai aplikasi MyBCA, tentu sudah tahu, tetapi bagi Anda yang masih enggan memakai aplikasi MyBCA dan masih lebih memakai aplikasi m-BCA, tentu cara transfer uang ke sesama rekening BCA menggunakan QRIS ini menjadi cara baru dalam bertransaksi.

Bank Central Asia (BCA) sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia menyediakan layanan transfer uang ke sesama rekening BCA melalui QRIS.

Dalam artikel ini, Nanyak akan memberikan panduan secara lengkap langkah-langkah melakukan transfer uang ke sesama rekening BCA menggunakan QRIS.

Cara Transfer Uang Menggunakan QRIS Ke Sesama Rekening BCA

Apa Itu QRIS?

Sebelum membahas mengenai cara transfer uang menggunakan QR Code,alangkah baiknya jika kita ketahui terlebih dahulu mengenai QRIS.

QRIS tercipta dari QR code. QR Code sendiri singkatan dari Quick Response code.
Sedangkan QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Indonesia Standard

QRIS ini adalah jenis barcode dua dimensi yang dapat dengan mudah dipindai menggunakan kamera ponsel pintar.

QRIS code ini cukup canggih karena dapat menyimpan berbagai jenis informasi, termasuk teks, URL, atau informasi kontak.

Di dunia perbankan, QRIS digunakan untuk memfasilitasi transfer uang antar rekening, salah satunya dipergunakan oleh BCA di aplikasi MyBCA.

Keuntungan Transfer Uang Menggunakan QRIS

Transfer uang menggunakan QRIS memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  1. Mudah dan Cepat: Proses transfer uang menggunakan QRIS sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu memindai QRIS dengan kamera ponsel pintar Anda dan memasukkan jumlah yang ingin Anda transfer.
  2. Aman: Transfer uang menggunakan QRIS dijamin keamanannya. Setiap transaksi harus melewati proses otentikasi untuk memastikan keamanan transaksi.
  3. Tidak Perlu Mengetik Nomor Rekening: Dengan menggunakan QRIS, Anda tidak perlu mengetik nomor rekening penerima. Cukup dengan memindai QRIS, semua informasi yang diperlukan akan otomatis muncul.

Persyaratan untuk Transfer Uang Menggunakan QRIS BCA

Sebelum Anda dapat melakukan transfer uang menggunakan QRIS melalui aplikasi BCA Mobile, pastikan Anda memenuhi persyaratan berikut:

  1. Mempunyai Aplikasi BCA Mobile: Pastikan Anda sudah mengunduh dan menginstal aplikasi BCA Mobile di ponsel pintar Anda. Aplikasi ini tersedia secara gratis di App Store (untuk pengguna iOS) atau Google Play Store (untuk pengguna Android).
  2. Akun BCA Mobile Aktif: Pastikan akun BCA Mobile Anda sudah aktif. Anda dapat mengaktifkan akun BCA Mobile dengan mendaftar melalui mesin ATM BCA atau kantor cabang BCA terdekat.
  3. Koneksi Internet: Pastikan ponsel pintar Anda terhubung ke internet. Anda bisa menggunakan koneksi data seluler atau Wi-Fi.

Langkah-Langkah Transfer Uang Menggunakan QR Code BCA

Berikut adalah langkah-langkah melakukan transfer uang ke sesama rekening BCA menggunakan QR code:

1. Buka Aplikasi BCA Mobile

Buka aplikasi BCA Mobile di ponsel pintar Anda. Pastikan Anda sudah login ke dalam aplikasi menggunakan User ID dan Password BCA Anda.

2. Pilih Menu Transfer

Setelah berhasil login, pilih menu “Transfer” dari layar utama aplikasi BCA Mobile.

3. Pilih Jenis Transfer

Pada layar “Transfer”, pilih opsi “Transfer ke Sesama BCA”.

4. Pilih Metode Transfer

Di layar “Transfer ke Sesama BCA”, pilih opsi “Dengan Scan QR”.

5. Pindai QRIS

Arahkan kamera ponsel pintar Anda ke QR code yang ingin Anda pindai. Pastikan QR code tersebut merupakan QR code rekening BCA penerima.

6. Masukkan Jumlah Transfer

Setelah berhasil memindai QR code, masukkan jumlah transfer yang ingin Anda lakukan.

7. Konfirmasi Transfer

Setelah memasukkan jumlah transfer, Anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi. Pastikan informasi yang ditampilkan sudah benar sebelum melanjutkan.

8. Masukkan PIN Transaksi

Masukkan PIN transaksi BCA Anda untuk menyelesaikan proses transfer.

9. Selesai

Transfer uang Anda akan segera diproses dan dana akan segera dikirim ke rekening BCA penerima.

Tips untuk Transfer Uang Menggunakan QRIS BCA

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda saat melakukan transfer uang menggunakan QRIS BCA:

  1. Pastikan QRIS Valid: Sebelum melakukan transfer uang, pastikan QRIS yang Anda pindai valid dan benar. QRIS yang salah dapat mengakibatkan transfer uang ke rekening yang salah.
  2. Periksa Informasi Transfer: Sebelum mengkonfirmasi transfer, pastikan untuk memeriksa informasi transfer dengan cermat, termasuk jumlah transfer dan nomor rekening penerima.
  3. Pastikan Koneksi Internet Stabil: Pastikan ponsel pintar Anda terhubung ke internet dengan koneksi yang stabil untuk memastikan transfer uang dapat dilakukan dengan lancar.
  4. Jaga Kerahasiaan PIN: Jangan pernah membagikan PIN transaksi BCA Anda kepada siapapun. PIN transaksi adalah informasi rahasia yang harus dijaga kerahasiaannya.