Kamis, Juli 18

Catat, Ada Anjuran Tidak Makan dan Minum Sebelum Sholat Ied Idul Adha

Catat, ada sebuah anjuran sebelum melakukan Sholat Idul Adha. Apakah anjuran itu?

Umat Islam akan menyambut hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah, yang di Indonesia akan jatuh pada hari Senin (17/6/2024).

Di hari Raya Idul Adha ini, umat Islam akan melaksanakan sholat Id Idul Adha dan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban.

Sebelum melakukan sholat Id Idul Adha, umat muslim dianjurkan untuk tidak makan dan minum terlebih dahulu. Hal ini tentu berbeda dengan saat akan melakukan sholat Ied Idul Fitri, dimana umat muslim dianjurkan untuk makan minum terlebih dahulu sebelum melakukan Sholat Ied.

Seperti yang dilansir oleh Kompas.com, anjuran mengenai untuk tidak makan dan minum sebelum Sholat Ied Idul Adha tersebut juga disampaikan Syaikh Syu’aib al-Arnauth dalam Hadis Riwayat Ahmad No 352 dengan bunyi sebagai berikut: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat shalat Id pada hari Idul Fitri dan beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari sholat Ied baru beliau menyantap hasil kurbannya”.

Anjuran tidak makan dan minum sebelum sholat Ied Idul Adha tersebut berlaku bagi semua umat Islam yang hendak melaksanakan shalat Idul Adha, baik yang berkurban ataupun mereka yang tidak berkurban.