Kamis, Juli 18

Catat! Ini Jam Buka Dan Libur Kebun Binatang Ragunan Selama Libur Idul Adha

Kebun binatang Ragunan atau Taman Margasatwa Ragunan didirikan pada tanggal 19 September tahun 1864 di Batavia ( kini Jakarta ) dengan nama “Planten en Dierentuin” ini pertama kali di kelola oleh perhimpunan penyayang Flora dan Fauna Batavia (Culture Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia ).

Taman ini berdiri di atas lahan seluas 10 hektar di Jalan Cikini Raya No 73 yang di hibahkan oleh Raden Saleh, pelukis ternama di Indonesia.

Kebun binatang ini tidak hanya menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat, tetapi juga berperan penting dalam konservasi dan pendidikan mengenai satwa. Dengan luas lebih dari 140 hektar dan koleksi lebih dari 270 spesies hewan, Kebun Binatang Ragunan menjadi rumah bagi berbagai satwa dari seluruh dunia.

Setelah Indonesia Merdeka, pada tahun 1949 namanya di ubah menjadi Kebun Binatang Cikini.

Dengan perkembangan Jakarta, Cikini menjadi tidak cocok lagi untuk peragaan satwa. Pada tahun 1964. Pada masa Gubernur DCI Jakarta Dr. Soemarno dibentuk Badan Persiapan Pelaksanaan Pembangunan Kebun Binatang untuk memindahkan dari Jl. Cikini Raya no 73 Ke Pasar Minggu Jakarta Selatan yang diketuai oleh Drh. T.H.E.W. Umboh. , Pemerintah DKI Jakarta menghibahkan lahan seluas 30 ha di Ragunan , Pasar Minggu. Jaraknya kira-kira 20 Km dari pusat kota. Kepindahan dari Kebun Binatang Cikini ke Ragunan membawa lebih dari 450 ekor satwa yang merupakan sisa koleksi terakhir dari Kebun Binatang Cikini.

Kebun Binatang Ragunan dibuka secara resmi pada 22 Juni 1966 oleh Gubernur DKI ( Daerah Khusus Ibukota ) Jakarta Mayor Jenderal Ali Sadikin dengan nama Taman Margasatwa Ragunan.

Jam Buka Kebun Binatang Ragunan di Libur Idul Adha 17-18 Juni 2024

Kebun binatang Ragunan telah menjadi salah satu tempat hiburan rakyat yang banyak dikunjungi setiap harinya, terutama saat libur, termasuk libur nasional.

Karena itulah di masa libur Idul Adha 17-18 Juni 2024 ini pengelola Kebun Binatang Ragunan menerapkan kebijakan khusus, yakni tetap buka di libur Idul Adha yang menjadi libur besar umat Islam di Indonesia.

Melalui situs resminya pengelola Kebun Binatang Ragunan mengatakan jika di hari libur Idul Adha 17 Juni 2024 ini tetap buka.

“Hallo sahabat ragunan, untuk hari raya Idul Adha kita tetap buka ya, pada hari Senin tanggal 17 Juni 2024 kita buka mulai pukul 09:00 – 16:00 wib.”

Hari Libur Kebun Binatang Ragunan di Libur Idul Adha

Lalu apakah kebun binatang Ragunan akan menerapkan libur di Idul Adha 2024 ini?

Melalui situs resminya, pengelola kebun binatang Ragunan mengumumkan jika libur satwa akan dipindah di pada tanggal 19 Juni 2024.

“Kita pindah sementara libur satwa di hari Rabu, 19 Juni 2024 ya.”

Harga Tiket Kebun Binatang Ragunan

Lalu berapakah harga tiket kebun binatang Ragunan?

Harga tiket kebun binatang Ragunan terbagi dalam dua kelompok, yakni kelompok dewasa dan anak-anak.

Harga tiket kebun binatang Ragunan untuk dewasa dipatok dengan harga Rp 4.000 per orang, sedangkan harga tiket masuk kebun binatang Ragunan untuk anak-anak hanya sebesar Rp 3.000 per orang. Sangat murah bukan?

Setelah membayar tiket masuk kebun binatang Ragunan tersebut, pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada dengan membayar layanan wahana sesuai dengan yang dipilih pengunjung.

Harga Wahana Di Kebun Binatang Ragunan

Berikut ini harga wahana di Kebun Binatang Ragunan Jakarta.

  • Taman satwa anak: Rp 2.500 / satu kali keliling
  • Perahu angsa: Rp 18.000 / satu kali keliling
  • Kereta keliling: Rp 10.000 / satu kali keliling
  • Sepeda tunggal: Rp 10.000 / orang
  • Sepeda ganda: Rp 15.000 / orang

Kebun binatang Ragunan juga memiliki satu wahana spesial yakni wahana Primata Schmutzer yang harga tiket masuk ke wahana tersebut sebesar Rp 6.000/orang untuk hari Selasa sampai dengan Jumat dan di saat weekend dan hari besar nasional bisa ditebus dengan harga Rp 7.500/orang