Selasa, Juli 23

Ini Spesifikasi Mobil Porsche Yang Kecelakaan dan Terseret Truk Di Tol Jakarta Selatan

Pada tanggal 19 Juni 2024, sebuah mobil Porsche terlibat dalam kecelakaan yang tragis di Tol Dalam Kota, Jakarta.

Adapun kecelakaan itu terjadi di Tol Dalam Kota KM 5+200 B sebelum Gate Toll Kuningan, Jakarta Selatan.

Mobil Porsche dengan nopol B 2031 PBV tersebut menabrak bagian belakang sebuah truk dan mengakibatkan mobil porsche berwarna abu-abu metalik tersebut ringsek mulai dari bagian kap mesin hingga kabin dan sempat terseret truk sejauh 150 meter karena pengemudi truk tidak merasakan truknya ditabrak dari belakang.

Akibat kecelakaan tersebut, pengemudi mobil Porsche meninggal dunia, sementara penumpangnya mengalami trauma dan shock. Insiden ini viral di media sosial dan menarik perhatian masyarakat.

Mobil Porsche yang terlibat kecelakaan tersebut diidentifikasi sebagai mobil Porsche Cayman 2.9 AT yang memiliki performa tinggi namun juga didukung dengan fitur keselamatan yang cukup komplit.

Namun meskipun memiliki fitur keselamatan yang komplit tidak akan menjamin 100% bisa menyelamatkan pengemudi dan penumpangnya karena pada dasarnya fitur keselamatan dirancang untuk meminimalisir akibat dari benturan karena kecelakaan.

Spesifikasi dan fitur keamanan Porsche Cayman 2.9 AT

Porsche Cayman 2.9 AT adalah sebuah mobil sport yang dilengkapi dengan mesin V6 3.0 liter yang menghasilkan tenaga sebesar 379 horsepower. Mobil ini dilengkapi dengan transmisi manual 7 percepatan dan memiliki kecepatan maksimum sebesar 310 km/jam. Berikut adalah beberapa fitur keamanan yang tersedia pada mobil ini:

  • Airbag: Mobil ini dilengkapi dengan sistem airbag yang melindungi pengemudi dan penumpang.
  • ABS: Mobil ini dilengkapi dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System) yang membantu menghindari kerusakan ban ketika berhenti.
  • ESP: Mobil ini dilengkapi dengan sistem ESP (Electronic Stability Program) yang membantu menghindari kehilangan keseimbangan ketika berbelok.
  • Limiter Kecepatan: Mobil ini dilengkapi dengan limiter kecepatan yang membantu menghindari pengemudi mengemudi terlalu cepat.
  • Sistem Pengamanan: Mobil ini dilengkapi dengan sistem pengamanan yang membantu menghindari kerusakan pada mobil ketika terjadi kecelakaan.

Porsche Cayman 2.9 AT juga dilengkapi dengan beberapa fitur lain seperti:

  • Porsche Doppelkupplung (PDK): Mobil ini dilengkapi dengan sistem transmisi PDK yang membantu menghemat bahan bakar dan meningkatkan kinerja mobil.
  • Sport Chrono Package: Mobil ini dilengkapi dengan paket Sport Chrono yang membantu meningkatkan kinerja mobil dan meningkatkan pengalaman pengemudi.
  • Porsche Communication Management (PCM): Mobil ini dilengkapi dengan sistem PCM yang membantu pengemudi mengatur fungsi-fungsi mobil seperti audio, navigasi, dan lain-lain.

Cayman dengan transmisi PDK mampu sprint dari 0-100 km/jam dalam 4,7 detik sedangkan Cayman tipe S mampu menyelesaikannya dalam waktu 4,2 detik.

Kecepatan tertinggi Cayman 718 adalah 275 km/jam sedangkan tipe S mampu menyentuh kecepatan 285 km/jam. 

Harga Porsche Cayman di Indonesia

Dari penelusuran yang dilakukan oleh Nanyak dari berbagai sumber, harga mobil bekas Porsche CaymanAT 2011 di Indonesia cukup bervariasi tergantung dari kondisi harga mobil Porsche yang dijual.

Harga Porsche 718 Cayman bekas dibanderol rata-rata di rentang harga Rp 700 – 900 juta. Sementara itu harga Porsche 718 Cayman baru berkisar dari Rp2,2 miliar hingga Rp3,1 miliar.

Porsche Cayman 718 2024 memiliki ground clearance 79 mm dengan dimensi panjang 4.418 mm, lebar 1.994 mm, dan tinggi 1.252 mm.