Sabtu, Juli 20

Sandra Dewi Dalam Pusaran Korupsi Timah Harvey Moeis

Sandra Dewi adalah artis Indonesia yang juga dikenal sebagai duta beberapa merk ternama di Indonesia dan juga di Asia Tenggara.

Nama lengkap Sandra Dewi adalah Monica Nicholle Sandra Dewi Gunawan Basri, putri tertua dari pasangan Andreas Gunawan Basri dan Chatarina Erliani.

Berbeda dengan artis seni peran lainnya yang memiliki kehidupan kisah cinta yang bisa diakses oleh publik dengan mudah, Sandra Dewi benar-benar sosok selebriti Indonesia yang tak mau mengumbar kisah cintanya ke publik.

Bahkan tak banyak yang tahu jika artis cantik ini pernah menjalin kisah cinta dengan Reino Barack, namun sayang kisah cinta ini kandas karena perbedaan keyakinan. Dua tahun kemudian, nama Reino Barack dikenal oleh publik justru sebagai pasangan dari Luna Maya.

Kini, nama Sandra Dewi kembali merebak karena suaminya, Harvey Moeis terlibat dalam pusaran korupsi timah dengan nominal sangat besar yaitu senilai 271 triliun.

Siapakah Harvey Moeis?

Harvey Moeis adalah seorang pengusaha sukses yang dikenal dalam berbagai sektor bisnis di Indonesia. Selain dikenal sebagai pengusaha, ia juga dikenal sebagai suami dari aktris dan model terkenal, Sandra Dewi. Harvey Moeis menikah dengan Sandra Dewi pada tanggal 8 November 2016 lalu dan pasangan ini sering menjadi sorotan media karena kehidupan pribadi mereka yang terlihat harmonis dan mewah.

Kenapa Harvey Moeis Ditangkap?

Harvey Moeis ditangkap oleh pihak berwajib terkait dugaan kasus korupsi di sektor pertambangan timah. Kasus ini melibatkan dugaan penyalahgunaan wewenang dan penggelapan dana yang merugikan negara dengan nominal yang sangat fantastis yakni sebesar Rp 271 Triliun.

Menurut laporan, Harvey Moeis diduga terlibat dalam praktik korupsi yang melibatkan manipulasi data dan transaksi ilegal dalam bisnis timah, yang menyebabkan kerugian finansial besar bagi negara.

Siapakah Sandra Dewi?

Sandra Dewi adalah seorang aktris, model, dan presenter terkenal di Indonesia. Kariernya di dunia hiburan dimulai sejak tahun 2002, dan ia telah membintangi berbagai sinetron, film, dan acara televisi. Sandra Dewi juga dikenal sebagai salah satu selebriti dengan citra yang positif dan kehidupan pribadi yang jauh dari kontroversi.

Ia menikah dengan Harvey Moeis pada tahun 2016 dan pasangan ini memiliki dua anak.

Kenapa Sandra Dewi Dipanggil Kejagung?

Sandra Dewi dipanggil oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai saksi dalam kasus korupsi yang melibatkan suaminya, Harvey Moeis.

Kejagung ingin mengklarifikasi beberapa informasi yang berkaitan dengan aktivitas bisnis Harvey Moeis dan untuk memahami sejauh mana Sandra Dewi mengetahui atau terlibat dalam kegiatan tersebut.

Pemanggilan ini dilakukan untuk mengumpulkan bukti dan keterangan yang dapat membantu dalam proses penyelidikan.

Bagaimana Status Terakhir Sandra Dewi dalam Kasus Korupsi Timah?

Saat ini, status Sandra Dewi dalam kasus korupsi timah Harvey Moeis adalah sebagai saksi. Ia telah memenuhi panggilan Kejagung dan memberikan keterangannya kepada penyidik.

Hingga saat ini, tidak ada indikasi bahwa Sandra Dewi terlibat langsung dalam tindakan korupsi yang dilakukan oleh suaminya. Ia tetap kooperatif dalam memberikan informasi yang diperlukan untuk proses hukum yang sedang berlangsung.

“Sampai saat ini status yang bersangkutan sebagai saksi,” kata Ketut Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana kepada wartawan di Jakarta, Rabu (5/6/2024) seperti dilansir Antaranews.

“Kalau seandainya nanti ada perubahan status kepada yang bersangkutan pasti akan kami infokan,” katanya.

Secara keseluruhan, Sandra Dewi berusaha untuk mendukung suaminya sekaligus menjalani proses hukum dengan transparan. Ia tetap menjalani aktivitas sehari-harinya sebagai publik figur dan mengurus keluarganya. Kasus ini masih dalam tahap penyelidikan, dan pihak berwenang terus mengumpulkan bukti untuk menyelesaikan kasus korupsi ini secara menyeluruh.

Keterkaitan pemeriksaan Sandra Dewi dalam perkara ini adalah tentang apa yang diperoleh. Hal ini, untuk memastikan aset-aset yang disita penyidik adalah real hasil kejahatan atau TPPU.

“Sehingga kami perlu keterangan dari istrinya, apalagi ada pernyataan pisah harta, ya kami harus pastikan bagaimana pemisahannya, apakah yang dipisahkan juga tidak terkontaminasi dari uang hasil kejahatan di timah,” kata Jampidsus Febrie Adriansyah.

Kasus korupsi yang melibatkan Harvey Moeis menjadi perhatian publik, terutama karena keterkaitannya dengan figur publik terkenal seperti Sandra Dewi.

Meskipun Sandra Dewi hanya dipanggil sebagai saksi, kehadirannya dalam proses hukum menunjukkan komitmennya untuk bekerja sama dengan pihak berwenang dan mendukung penegakan hukum.

Hingga kini, tidak ada bukti yang menunjukkan keterlibatan langsung Sandra Dewi dalam kasus korupsi ini, dan ia tetap fokus pada perannya sebagai ibu dan selebriti.